Senin, 12 Januari 2015

Masjid Al-Karomah, Depok

Masjid Al-Karomah, Depok
     Aslinya, nama masjid ini adalah masjid Al-Karomah. Karena faktor pengucapan, dan terletak di blok Kramat desa Depok maka berubah menjadi Masjid Kramat. Ada juga sebagian masyarakat yang mengatakan masjid ini memiliki karomah. Konon, masjid yang dibagian mihrabnya terdapat sungai ini (Kali Jamblang), tidak roboh bagian depannya meskipun terkena banjir. Aliran sungai yang deras seakan menghindari mihrab masjid sehingga tidak roboh. Letak masjid ini dipinggir sungai dan disamping kanan Masjid terdapat Makhbaroh Syekh Maujud.
  Terletak di Desa Depok Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon, (dulu termasuk wilayah Kecamatan Plumbon). Menurut penuturan penjaganya (Kunci Masjid) Masjid ini lebih dulu dibangun dibandingkan bangunan Masjid Kasepuhan yang ada di Kota Cirebon. Dibangun oleh penyebar Islam sebelum Syekh Syarief Hidayatullah atau Sunan Gunungjati (awal Abad ke-XV Masehi). 
   Hal ini diperkuat penuturan penjaga Masjid Tua lainnya ,yaitu Masjid Pesalakan. Bahwa menurut tulisan dari Sultan Sepuh kepada rombongan dari Cikarang yang ingin melihat Masjid tertua di Cirebon, ditunjukkan tiga Masjid, yaitu Masjid Pesalakan, Masjid Megugede Plered dan Masjid Al-Karomah Depok.
   Masjid ini memiliki kesamaan arsitektur dengan beberapa bangunan Masjid tua lainnya di Cirebon. Pada bagian luar dilingkari tembok dari bata merah dengan satu pintu utama dan dua pintu samping. Semua pintu masuk tersebut tidak terlalu tinggi untuk dilewati orang dewasa (+150 m) . Pada bagian dalam terdapat ruang utama dan ruang PAWESTREN. Ruang utama juga memiliki ketinggian yang rendah antara atap dengan lantai. Mihrabnya berupa bagian dinding yang menjorok ke depan persegi empat. Dengan mimbar dari kayu jati yang masih asli beserta sebuah CIS (Tongkat Besi).
   Ruang utama Masjid ini dibatasi dengan tembok yang tidak menyangga atap, dan merupakan salah satu ciri Masjid-Masjid tua yang ada di Cirebon. Adapun untuk jama’ah perempuan disediakan ruang khusus dibagian kiri Masjid.
   Untuk menuju Masjid Tua Depok ini, dari arah Cirebon bisa turun di Pasar Jamblang kemudian menggunakan angkot / ojek ke arah selatan, sekitar 4 Km. Masjid ini terletak dipinggir sungai dan ditengah sawah. Relatife jauh dari permukiman penduduk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar